Index Berita

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA SEMARANG TAHUN 2020


Semarang - Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang melakukan penandatanganan Pakta Integritas pada hari Selasa tanggal 14 Januari 2020. Penandatangan pakta integritas dilakukan oleh seluruh pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang bertempat di ruang sidang utama yang dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang Herman Baeha, S.H., M.H. Penandatanganan pakta integritas sebagai tanda komitmen Pegawai Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang dalam melakukan tugas pokok dan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Bapak Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang menyampaikan bahwa pakta integritas bukan hanya untuk ditandatangani saja tetapi untuk dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pencari keadilan. Untuk itu, diharapkan para pegawai Pengadilan Tata Usaha negara semarang dapat melakukan komitmen yang telah tertuang di Pakta Integritas. (preistia)

HUT PERATUN KE XXIX DI PENGADILAN TATA USAHA NEGARA SEMARANG


Semarang - Peringatan HUT PERATUN ke XXIX di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang diselenggrakan pada hari Selasa tanggal 14 Januari 2020. Acara dibuka dengan menyanyikan hymne dan mars Peratun kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh Bapak Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang Herman Baeha, S.H., M.H. dalam sambutannya, Bapak Ketua kembali mengajak seluruh jajajaran PTUN Semarang untuk lebih bersemangat meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan peradilan kepada masyarakat pencari keadilan.HUT Peratun menjadi momentun bagi jajaran Peradilan Tata Usaha Negara untuk mewujudkan visi Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu mewujudkan peradilan yang agung. Acara selanjutnya yaitu pembacaan sejarah peratun dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Panitera Muda Hukum Ibu Sukses Sri Tyastuti Husdaningsih, S.H. (preistia)

Penandatanganan MOU Posbakum Awalindo dengan PTUN Semarang

 
Pada Hari senin (13 Januari 2020) telah dilakukan penandatanganan kontrak kerja kesepakana antara Posbakum Awalindo dengan PTUN Semarang. keberadaan Posbakum bertujuan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat pencari keadilan di PTUN Semarang. Dengan adanya perjanjian kerja ini diharapkan dapat mengakomodasi masyarakat pencari keadilan yang ingin memperoleh bantuan hukum di PTUN Semarang. 
Penandatanganan dilakukan oleh Bapak Herman Baeha, S.H., M.H selaku Ketua PTUN Semarang dengan Ibu Sri Arjani, SH.,MH dari Posbakum Awalindo dengan disaksikan oleh Sekretaris, Panitera dan Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan

KUNJUNGAN KULIAH MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS NGUDI WALUYO UNGARANKE PTUN SEMARANG

Semarang (13/01/2020), bertempat di Ruang Sidang Utama PTUN Semarang sejak jam 09.30 WIB berlangsung Acara Kunjungan Kuliah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Kabupaten Semarang dalam rangka melaksanakan program Mata Kuliah Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. Acara tersebut disambut langsung oleh Ketua PTUN Semarang, Bapak Herman Baeha, S.H., M.H. dengan didampingi oleh salah seorang Hakim PTUN Semarang, Dr. Syofyan Iskandar, S.H., M.H. dan dihadiri oleh 18 (delapan belas) orang mahasiswa Semester V Fakultas Hukum Universitas Ngudi Waluyo Ungaran dan seorang Dosen Pendamping, yaitu Bapak Binov Handitya, S.H., M.H. 

Pada acara tersebut Ketua PTUN Semarang menyampaikan sambutan dan memberikan materi pendahuluan tentang Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, dilanjutkan presentasi materi Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara melalui slide power point oleh Bapak Dr. Syofyan Iskandar, S.H., M.H. Setelah penyampaian materi dari narasumber PTUN Semarang, dilanjutkan sesi tanya jawab, mahasiswa peserta acara kunjungan kuliah tersebut bertanya langsung kepada para narasumber dan dijawab secara tuntas oleh narasumber. Bapak Binov Handitya, S.H., M.H. selaku Dosen Pendamping kunjungan kuliah tersebut menyampaikan rasa terima kasih yang dalam karena mendapatkan sambutan luar biasa, langsung dari Ketua PTUN Semarang.

Sebagai tali asih dalam menjalin hubungan baik dengan PTUN Semarang dilakukan penyerahan plakat kenang-kenangan dari Fakultas Hukum Universitas Ngudi Waluyo Ungaran, Kabupaten Semarang yang disampaikan oleh Bapak Binov Handitya, S.H., M.H. kepada Ketua PTUN Semarang. Acara ditutup pada jam 10.20 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama Ketua PTUN Semarang, Bapak Dr. Syofyan Iskandar, S.H., M.H. (Hakim PTUN Semarang), Bapak Binov Handitya, S.H., M.H. (Dosen Pendamping), dan seluruh mahasiswa peserta acara kunjungan kuliah di PTUN Semarang.

 

 

 

WISUDA PURNABAKTI WAKIL KETUA DAN PURNABAKTI PANITERA PENGGANTI PTUN SEMARANG TAHUN 2019

Semarang – Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang diadakan acara Wisuda purnabakti Wakil Ketua dan Purnabakti Panitera Pengganti PTUN Semarang (19/12/2019). Acara ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar PTUN Semarang, Dharmayukti Karini dan tamu undangan.

Ketua PTUN Semarang HERMAN BAEHA, SH.MH. memimpin langsung acara Wisuda ini. Adapun  yang memasuki purnabakti adalah  Wakil Ketua PTUN Semarang Ibu BERTHA SITOHANG, SH dan Panitera Pengganti Ibu Laelatul Aminah, SH.  Acara dimulai dengan Wisuda Purnabakti Wakil Ketua PTUN Semarang  Ibu BERTHA SITOHANG, SH. Ditandai dengan pelepasan toga dan kalung Hakim  oleh Bapak Ketua PTUN Semarang

Acara Wisuda Purnabakti berjalan dengan penuh khidmat, sakral dan haru.

TUAKA TUN DIKUKUHKAN MENJADI GURU BESAR UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr  H. Supandi, SH., M.Hum dikukuhkan menjadi Guru Besar Tidak Tetap Dalam Bidang Hukum Administrasi Negara, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, di Gedung Prof Soedarto, Tembalang, Semarang, Jumat (29/11/2019)

Pidato pengukuhan Supandi berjudul  Modernisasi Peradilan Tata Usaha Negara  Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Mendorong  Kemajuan Peradaban Hukum Indonesia.

Supandi memaparkan perkembangan kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara (Peratun) saat ini menjadi semakin luas. Ia juga menjelaskan tentang konsekuensi  Revolusi Industri 4.0 yang berdampak pada pelayanan publik di bidang administrasi negara melalui pemerintahan yang berbasis teknologi informasi.

"Mahkamah Agung termasuk lingkungan Peratun didalamnya mulai  menggunakan sarana TI guna memodernisasi administrasi penyelesaian perkara, baik dari aspek strukturnya maupun fungsinya dalam rangka menghadapi adanya revolusi industri 4.0. Pemanfaatan teknologi bagi badan adalah salah satu upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan tugas peradilan berupa keterlambatan penyelesaian perkara, kurangnya akses keadilan, serta masalah integritas dan profesionalisme aparatur badan peradilan" jelasnya.

Lebih lanjut Supandi menjelaskan melalui penerapan IT prestasi Kamar TUN ini bukan hanya dalam memutus saja, bahkan dalam minutasinya pun di tahun 2018 perkara yang dikirim ke pengadilan pengaju sebanyak 4.377 perkara. Dibandingkan dengan perkara yang masuk, rasio penyelesaian perkara (clearance rate)  sebesar 98, 01 %. Jadi, rata-rata waktu minutasi perkara pada Kamar TUN selama 2 bulan, tambahnya.

Menurutnya penerapan dan pengembangan e-court kedepannya yang  terus berkembang bahkan sampai pada tahap putusan tentu akan berdampak pada  semakin berkurangnya penggunaan kertas. Dengan demikian baik disadari atau tidak pengadilan telah memulai budaya baru yang disebut paperless culture. Bukan tidak mungkin melalui langkah sederhana kedepan pengadilan-pengadilan di Indonesia mampu melahirkan  pengadilan yang  ramah lingkungan (eco-court).

Supandi juga menjelaskan tantangan  kedepan dari penerapan peradilan elektronik adalah terkait dengan Keputusan Elektronis  dan Permasalahan Bukti Elektronik. Tanggung jawab hukum administrasi negara kedepan adalah bagaimana menjamin keamanan dan keautentikan terhadap dokumen public tersebut kepada publik harus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sesuai kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejumlah pejabat negara tampak hadir dalam proses pengukuhan tersebut diantaranya adalah  Ketua Mahkamah Agung, Prof. Hatta Ali, Staff Khusus Wakil Presiden Prof. M. Nasir, Gubernur  Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Komisioner Komisi Yudisial.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menuturkan, dengan dikukuhkannya Prof Supandi, maka Undip hingga saat ini telah mengukuhkan 9 Guru Besar  dosen tidak tetap. Prof Supandi sendiri merupakan Guru Besar ke-24 yang dikukuhkan Undip di tahun 2019 ini. 

SIDAK TUAKA TUN DI PTUN SEMARANG

Semarang - Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia Bapak Dr. Supandi, S.H., M.Hum, pagi ini melakukan Sidak Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang (29/08/2019).

 

UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG KE 74

Semarang-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke 74 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2019, dengan Tema HUT ke-74 Mahkamah Agung RI tahun 2019 adalah “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”.

PTUN Semarang mengadakan Upacara di lapangan Upacara PTUN Semarang di Jl. Abdulrahman Saleh No 89 Semarang, yang diikuti oleh segenap Hakim, Pejabat Fungsional dan struktural beserta pegawai dan anak PKL. Ibu Wakil Ketua Bertha Sitohang, S.H. bertugas sebagai inspektur upacara. (don)

UPACARA HUT RI KE 74

Semarang - Ketua PTUN Semarang Bapak Herman Baeha, S.H, M.H. memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Upacara dilaksanakan di Lapangan Upacara PTUN Semarang (17/08/2019).

Berlaku sebagai komandan upacara ialah Yos Budi Santoso, S.H.,M.H. Panitera Pengganti PTUN Semarang.  Pengibaran bendera merah putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya. Para PNS itu kompak berpakaian seragam Korpri. Upacara ini berlangsung secara khitmad dan lancar. (don)

 

JALAN SEHAT DALAM RANGKA PERAYAAN HUT RI KE–74

 

Semarang-Segenap keluarga besar Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang (15/08/2019) berkumpul di depan gedung PTUN Semarang. Mereka hadir dalam rangka mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan BAPOR PTUN Semarang untuk memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, juga untuk menyatukan seluruh pegawai, hakim, dan pejabat PTUN Semarang agar semakin memperkuat rasa persaudaraan.

Kegiatan jalan sehat tersebut di buka oleh Ketua PTUN Semarang Bapak Herman Baeha, S.H.,M.H. dan dimeriahkan dengan beberapa hiburan. Acara tersebut dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Panitia menyediakan ratusan doorprize dan beberapa hadiah utama. (don)