Website Slogan

Index Berita

KAMPANYE SIMPATI ANTI GRATIFIKASI PTUN SEMARANG

Semarang - Jum'at, 15 Januari 2021, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang melakukan aksi bagi-bagi stiker dan bagi-bagi masker di seputaran Kantor PTUN Semarang sebagai bentuk simpati kepada masyarakat Kota Semarang, dalam "KAMPANYE SIMPATI ANTI GRATIFIKASI PTUN SEMARANG". 

Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB diawali dengan Senam Kesegaran Jasmani, sambutan Ketua PTUN Bapak Sumartanto, S.H.,M.H.,  dilanjutkan pelepasan balon menyambut HUT Peratun yang ke-30, pembagian stiker dan masker, dan terakhir ramah tamah sambil menikmati hidangan didalam kantor. Kegiatan ini dihadiri oleh segenap keluarga besar PTUN Semarang.

Semoga Peratun semakin jaya dan bebas dari gratifikasi. (des)

TASYAKURAN HUT PERATUN KE-30 DAN LAUNCHING APLIKASI

Semarang - Telah Diadakan Syukuran untuk memperingati HUT Peradilan Tata Usaha Negara yang ke-30, pada Hari Senin Tanggal 14 Januari 2020, Yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, Dengan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang Bapak Sumartanto, S.H., M.H. Acara Dihadiri Oleh Ketua, Para Hakim, Sekretaris, PLT Panitera, Pejabat Struktural Dan Fungsional, Serta Seluruh Staf Dan Honorer PTUN Semarang.

Dalam Acara tersebut dirangkaikan dengan launching 6 (enam) aplikasi yang merupakan hasil karya Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, yang terdiri dari:

1. SIWALI (SISTEM INFORMASI WHATSAPP LITIGASI)

2. AGM (ANJUNGAN GUGATAN MANDIRI)

3. SIRANDU (SISTEM INFORMASI PERSUARATAN TERPADU)

4. E-TAMU

5. E-SURVEY

6. E-BROSUR

Sebagai acara penutup dilakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol wujud kebahagian bahwa Peratun sudah berumur 30 Tahun. Semoga Peratun semakin maju dan profesional. (des)

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DAN PERJANJIAN KINERJA 2021

 

Semarang - Memasuki awal bulan Januari di tahun 2020 ini, pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2020 bertempat di Ruang Rapat Utama, Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang melaksanakan Penandatangan Pakta Integritas dan perjanjian Kinerja oleh Hakim, PLT Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, dan Staf di lingkungan Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang.

Penandatangan Pakta Integritas ini dipimpin dan dibacakan langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang Sumartanto, S.H., M.H.

Acara Selanjutnya adalah Penandatangan Pakta In tegritas oleh Seluruh Hakim dan Pegawai di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan menularnya virus covid 19.

Pakta Integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Pakta Integritas dituangkan ke dalam sebuah Dokumen Pakta Integritas. Penandatangan Pakta Integritas ini sesuai tujuannya adalah mensukseskan program Reformasi Birokrasi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan badan peradilan dibawahnya serta merupakan wujud keseriusan seluruh elemen Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang untuk mewujudkan pelayanan publik yang terbaik. (des)

 

PENANDATANGAN MOU PELAKSANAAN POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM)

Semarang- Rabu, 13 Januari 2021, Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang melakukan penandatanganan MoU dengan LBH Awalindo sebagai pemenang dalam seleksi pengadaan layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum). Penandatanganan MoU atau Perjanjian Kerjasama dalam pelaksanaan Pos Bantuan Hukum (Posbakumadin) ini dilakukan Ruang Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang.

Pengadaan layanan Posbakum didanai oleh Dana Dipa tahun anggaran 2021.  Pelayanan ini nantyinya diperuntukkan bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan agar dapat berperkara di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Semoga dengan adanya Posbakum di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang dapat memfasilitasi warga yang kurang mampu dalam berperkara di PTUN Semarang. (des)

PENGANTAR ALIH TUGAS HAKIM DAN PURNATUGAS

Semarang-Bertempat di Ruang Cakra Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang (14/12/2020) diadakan acara Pengantar Alih Tugas Hakim dan Pengantar Purnatugas Panitera dan pegawai. Pengantar Tugas Hakim Bp A. Riziki Arsdiansah S.H., M.H. alih tugas sebagai Wakil Ketua PTUN Padang dan Ibu Baiq yuliani, S.H. alih tugas sebagai wakil Ketua PTUN Denpasar. Sedangkan untuk Pengantar Purnatugas yaitu Ibu Mamik Hermindjaja, S.H. (Panitera) dan Ibu Soepini (JSP), yang telah menyelesaikan pengabdiannya untuk negara akhir tahun 2020 ini.

Acara diisi dengan kegiatan ramah tamah, penyerahan kado perpisahan, doa dan hiburan, dihadiri oleh segenap keluarga besar PTUN Semarang. Semoga ditempat baru diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas, dan selalu diberi kesehatan. (don)

PENYERAHAN SERTIFIKAT AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PTUN SEMARANG SECARA DARING

 

SEMARANG- Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara telah menyerahkan Sertifikat Akreditasi dan Surveillance Penjaminan Mutu di lingkungan peradilan Militer dan peradilan Tata Usaha Negara. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 3 Desember 2020 secara daring melalui Zoom Meetings.

Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang termasuk penerima Surveilance Akreditasi Penjaminan Mutu di lingkungan Peradilan  Tata Usaha Negara Tahun 2020, sertifikat Akreditasi diserahkan oleh Ibu Dirjenmiltun Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. kepada Ketua PTTUN Surabaya Bapak Dr. Istiwibowo, S.H.,M.H.

Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang mendapat hasil capaian Akreditasi dengan predikat : A (Excellent), dan diharapkan dapat terus dipertahankan dengan tetap mempertahankan kinerja yang telah dicapainya, melakukan upaya menemukan inovasi baru guna peningkatkan kinerja, terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (des)

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PTUN Semarang

Semarang-Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang (13/11/2020), dilaksanakan acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wakil Ketua PTUN Semarang Ibu Oenoen Pratiwi, S.H.,M.H., oleh Ketua PTUN Semarang Bapak Sumartanto, S.H.,M.H. dihadiri oleh Para Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural serta Seluruh Pegawai PTUN Bengkulu dan Tamu Undangan turut menghadiri acara Pelantikan. Semoga dengan dilantiknya Ibu Oenoen Pratiwi, S.H.,M.H. bisa membuat PTUN Semarang menjadi ebih baik lagi.

Upacara Hari Pahlawan PTUN Semarang

Semarang-Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang Bapak, Sumartanto, SH.,MH. memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di halaman gedung Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang pada Selasa, 10 November 2020 . Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan tetap memenuhi protokol Kesehatan. Diikuti Oleh Seluruh Hakim, Pejabat Fungsional, Pejabat Struktural, Staf Dan Tenaga Honorer.

Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020, semoga apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka, termasuk berjuang melawan pandemi covid 19 yang saat ini melanda Indonesia dan dunia. (des)

HASIL SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU

Semarang-Telah dilasanakan kegiatan surveillance akreditasi Penjaminan Mutu oleh Assesor dari Direktorat Jenderal Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara Semarang dari tanggal 14 s.d 16 Oktober 2020, di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Tim dipimpin langsung oleh Hendro Puspito, SH., MH. dengan anggota Agus Abdur Rachman, SH., MH, Sudiyono, SH., MH dan Dwianto Budiman, S.Kom., M.M.

Adapun Standar kriteria yang ditetapkan oleh Dirjen Badilmiltun meliputi 7 area yaitu Area I Manajemen Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia, Area II Pola Bindalmin dan SOP Penyelesaian Perkara, Area III Sarana Prasarana Pengadilan, Area IV E-Judiciary, Area V Layanan Pengadilan, Area VI Penerimaan Negara Bukan Pajak Dan Biaya Proses Penyelesaian Perkara, Area VII Kepuasan Dan Kepercayaan Masyarakat.


Pada akhir sesi pelaksaaan kegiatan, Tim Assesor menyampaikan hasil penilannya secara kumulatif seluruh area, Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang mendapatkan nilai 90,04 (sangat baik). Sebagai penutup sambutannya tim assesor menyampaiakan, agar kekurangan sebagaimana terlampir dalam lembar penilaian agar secepatnya untuk diperbaiki. Dan hal yang terpenting yang harus diperhatikan adalah agar hasil tersebut tetap dijaga dan dipertahankan, sehingga akan terwujud Tata Kelola Organisasi yang lebih baik. (des)

SURVEILLANCE AKREDITASI PENJAMINAN MUTU PTUN SEMARANG

Semarang-Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang (14/10/2020). Tim Akreditasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia melakukan Pembukaan Kegiatan Surveillance APM di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang.

Selama 3 hari kedepan yaitu pada tanggal 14 s.d 16 Oktober 2020 Tim Surveillance akan melakukan penilaian terhadap dokumen-dokumen yang dijadikan evidence dari 7 (tujuh) area akreditasi yang dipersyaratkan meliputi penilaian praktis, audit trail juga penilaian berdasarkan dokumen-dokumen yang telah disusun oleh Tim Akreditasi PTUN Semarang dalam rentang waktu 2019-2020.

Semoga penilaian ini berjalan dengan lancar dan mendapat hasil yang positif. (des)

 

 


 

 


  

Semua Berita Yang Berkaitan Dengan Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang dapat anda akses disini  

  

 

Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.