Index Berita

TUAKA TUN DIKUKUHKAN MENJADI GURU BESAR UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG

Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr  H. Supandi, SH., M.Hum dikukuhkan menjadi Guru Besar Tidak Tetap Dalam Bidang Hukum Administrasi Negara, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, di Gedung Prof Soedarto, Tembalang, Semarang, Jumat (29/11/2019)

Pidato pengukuhan Supandi berjudul  Modernisasi Peradilan Tata Usaha Negara  Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Mendorong  Kemajuan Peradaban Hukum Indonesia.

Supandi memaparkan perkembangan kewenangan Peradilan Tata Usaha Negara (Peratun) saat ini menjadi semakin luas. Ia juga menjelaskan tentang konsekuensi  Revolusi Industri 4.0 yang berdampak pada pelayanan publik di bidang administrasi negara melalui pemerintahan yang berbasis teknologi informasi.

"Mahkamah Agung termasuk lingkungan Peratun didalamnya mulai  menggunakan sarana TI guna memodernisasi administrasi penyelesaian perkara, baik dari aspek strukturnya maupun fungsinya dalam rangka menghadapi adanya revolusi industri 4.0. Pemanfaatan teknologi bagi badan adalah salah satu upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan tugas peradilan berupa keterlambatan penyelesaian perkara, kurangnya akses keadilan, serta masalah integritas dan profesionalisme aparatur badan peradilan" jelasnya.

Lebih lanjut Supandi menjelaskan melalui penerapan IT prestasi Kamar TUN ini bukan hanya dalam memutus saja, bahkan dalam minutasinya pun di tahun 2018 perkara yang dikirim ke pengadilan pengaju sebanyak 4.377 perkara. Dibandingkan dengan perkara yang masuk, rasio penyelesaian perkara (clearance rate)  sebesar 98, 01 %. Jadi, rata-rata waktu minutasi perkara pada Kamar TUN selama 2 bulan, tambahnya.

Menurutnya penerapan dan pengembangan e-court kedepannya yang  terus berkembang bahkan sampai pada tahap putusan tentu akan berdampak pada  semakin berkurangnya penggunaan kertas. Dengan demikian baik disadari atau tidak pengadilan telah memulai budaya baru yang disebut paperless culture. Bukan tidak mungkin melalui langkah sederhana kedepan pengadilan-pengadilan di Indonesia mampu melahirkan  pengadilan yang  ramah lingkungan (eco-court).

Supandi juga menjelaskan tantangan  kedepan dari penerapan peradilan elektronik adalah terkait dengan Keputusan Elektronis  dan Permasalahan Bukti Elektronik. Tanggung jawab hukum administrasi negara kedepan adalah bagaimana menjamin keamanan dan keautentikan terhadap dokumen public tersebut kepada publik harus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi sesuai kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejumlah pejabat negara tampak hadir dalam proses pengukuhan tersebut diantaranya adalah  Ketua Mahkamah Agung, Prof. Hatta Ali, Staff Khusus Wakil Presiden Prof. M. Nasir, Gubernur  Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Komisioner Komisi Yudisial.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menuturkan, dengan dikukuhkannya Prof Supandi, maka Undip hingga saat ini telah mengukuhkan 9 Guru Besar  dosen tidak tetap. Prof Supandi sendiri merupakan Guru Besar ke-24 yang dikukuhkan Undip di tahun 2019 ini. 

SIDAK TUAKA TUN DI PTUN SEMARANG

Semarang - Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia Bapak Dr. Supandi, S.H., M.Hum, pagi ini melakukan Sidak Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang (29/08/2019).

 

UPACARA HUT MAHKAMAH AGUNG KE 74

Semarang-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke 74 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2019, dengan Tema HUT ke-74 Mahkamah Agung RI tahun 2019 adalah “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani”.

PTUN Semarang mengadakan Upacara di lapangan Upacara PTUN Semarang di Jl. Abdulrahman Saleh No 89 Semarang, yang diikuti oleh segenap Hakim, Pejabat Fungsional dan struktural beserta pegawai dan anak PKL. Ibu Wakil Ketua Bertha Sitohang, S.H. bertugas sebagai inspektur upacara. (don)

UPACARA HUT RI KE 74

Semarang - Ketua PTUN Semarang Bapak Herman Baeha, S.H, M.H. memimpin upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74. Upacara dilaksanakan di Lapangan Upacara PTUN Semarang (17/08/2019).

Berlaku sebagai komandan upacara ialah Yos Budi Santoso, S.H.,M.H. Panitera Pengganti PTUN Semarang.  Pengibaran bendera merah putih diiringi dengan lagu Indonesia Raya. Para PNS itu kompak berpakaian seragam Korpri. Upacara ini berlangsung secara khitmad dan lancar. (don)

 

JALAN SEHAT DALAM RANGKA PERAYAAN HUT RI KE–74

 

Semarang-Segenap keluarga besar Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang (15/08/2019) berkumpul di depan gedung PTUN Semarang. Mereka hadir dalam rangka mengikuti jalan sehat yang diselenggarakan BAPOR PTUN Semarang untuk memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, juga untuk menyatukan seluruh pegawai, hakim, dan pejabat PTUN Semarang agar semakin memperkuat rasa persaudaraan.

Kegiatan jalan sehat tersebut di buka oleh Ketua PTUN Semarang Bapak Herman Baeha, S.H.,M.H. dan dimeriahkan dengan beberapa hiburan. Acara tersebut dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Panitia menyediakan ratusan doorprize dan beberapa hadiah utama. (don)

 

PENDALAMAN DAN UJI PETIK RB PTUN SEMARANG 2019

Semarang- Pendalaman dan Uji Petik Reformasi Birokrasi (RB) Oleh Tim Direktorat Jenderan Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara. Sesuai dengan Surat tugas Nomor : 798/Djmt.1/7/2019 tim terdiri dari Mahjum, SH.,MH., Paino, SH.,MH., dan Resa Januar Pratama, ST.

Acara dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2019 s/d 2 Agustus 2019, Pendalaman dan Uji Petik Reformasi Birokrasi ini diawali dengan sambutan Bapak Ketua Herman Baeha, SH., MH dan perkenalan Tim RB di ruang Sidang Utama PTUN Semarang yang dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta karyawan/karyawati dan Tenaga Honorer. Kemudian dilanjutkan dengan yel-yel PTUN Semarang.

Semoga Pendalaman dan Uji Petik Reformasi Birokrasi ini bisa berjalan baik dan PTUN Semarang terus meningkatkan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat pencari keadilan. (don)

PEMBINAAN PTTUN SURABAYA 2019

Semarang-Bertempat di Ruang Sidang utama Pengadilan Tata Usaha Negara(PTUN) Semarang diadakan pembinaan dari Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara(PTTUN) Surabaya (24/06/2019), yang dihadili oleh segenap Hakim, Pejabat Fungsional dan Struktural, dan Staf PTUN Semarang.

Pembinaan dari PTTUN Surabaya ini dilaksanakan sampai tanggal 25 Juni 2019. Tim pembinaan ini terdiri dari H. Oyo Sunaryo, SH,MH. (Wakil Ketua PTTUN Surabaya), H. Ariyanto, SH,MH. ( Hakim Tinggi PTTUN Surabaya), dan Dra. Endang Listyo R (Panmud Perkara PTTUN Surabaya). Pembinaan ini menyangkut administrasi peradilan maupun manajemen peradilan. (don)

KELUARGA BESAR PTUN SEMARANG TURUT BERDUKA CITA ATAS MENINGGALNYA M. IRFAN ALI

Semarang- Innalillahi wainna Ilaihi rajiun, telah berpulang ke rahmatullah Muhammad Irfan Ali, putra sulung Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH. Irfan meninggal dunia karena kecelakaan pada Rabu, 19 Juni 2019 di Namibia Afrika.

Muhammad Irfan Ali adalah putra pertama Prof. Hatta Ali. Irfan lahir di Jakarta 11 November 1978. Saat ini Irfan meninggalkan seorang istri dan 3 orang anak. 

Segenap keluarga besar Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya M. Irfan Ali, semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan menempatkannya di surga. Dan semoga keluarga besar yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan. 

HALAL BI HALAL PTUN SEMARANG

Semarang- Selepas cuti bersama terkait hari raya idulfitri 1440 H di ruang Sidang Utama Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang  (12/06/2019) diadakan acara Halal Bi Halal yang dihadiri seluruh hakim, pejabat kesekretariatan & kepaniteraan serta pegawai

Acara ini dimaksudkan untuk menghimpun warga pengadilan mendapatkan arahan atasan serta ajang silaturahmi masing-masing unit kerja.

Ketua pengadilan membuka dengan ucapan selamat kepada seluruh warga pengadilan atas dilaluinya ibadah ramadhan dengan lancar, mencapai hari kemenangan dengan suka cita serta permohonan maaf, sehingga untuk menghadapi hari-hari kerja ke depan tidak menjadi kendala yang dapat menghambat kegiatan kerja maupun pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu dalam sambutannya juga disampaikan motivasi bagi seluruh warga pengadilan untuk terus meningkatkan kinerja serta kedisiplinan, integritas maupun keikhlasan sebagai cermin penjaminan mutu PTUN Semarang yang berkualitas unggul di mata masyarakat.

Pada akhirnya acara halal bi halal ditutup dengan saling bersalaman antara warga pengadilan dan saling memaafkan.

UPACARA HARI LAHIR PANCASILA PTUN SEMARANG

SEMARANG -Bertempat di Lapangan Upacara Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang (01/06/2019) diadakan upacara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni. Ketua PTUN Semarang Bapak Herman Baeha, SH.MH. menjadi Inspektur Upacara dan dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat fungsional dan struktural, staf , CPNS, dan honorer PTUN Semarang. Bahkan, ada Hakim dan ASN dari luar PTUN Semarang yang juga akan mengikuti upacara kali ini.

ASN di lingkungan Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang wajib mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni. 
Upacara memperingati hari kelahiran Pancasila ini berjalan dengan lancar dan khidmat.

Bagi ASN yang tidak hadir mengikuti upacara, bisa dikenakan sanksi pelanggaran disiplin sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 35 Tahun 2010 tentang Disiplin ASN. Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mewajibkan seluruh ASN untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. (don)